Perbedaan Antara USB A, B, C, 1.0, 2.0, 3,0 dan 3.1

No Comments

Agar bisa terhubung antara perangkat yang satu dengan yang lain, paling mudah yaitu melalui USB. Dengan USB, kamu bisa menghubungkan smartphone, flashdisk, hard disk external dan masih banyak lagi.
Dengan ada banyaknya perangkat, membuat jenis USB juga jadi beragam. Agar kamu nggak keliru, kali ini mari kita bahas. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak pembahasan pengenai beda antara USB A, B, C, 1.0, 2.0, 3.0, 3.1 ini!

Ini Beda Antara USB A, B, C, 1.0, 2.0, 3,0 dan 3.1

Sebelum membahas detail mengenai beda antara tiap USB, secara garis besar mari kita bagi dua lebih dulu. Yang pertama dari bentuknya, dan yang kedua dari kecepatannya. Dari sisi bentuk contohnya USB A, B, dan C. Sementara dari sisi kecepatan contohnya USB 1.0, 2.0, 3.0, dan 3.1.
Alasan mengapa kita harus membaginya, yaitu karena memang seperti antara A dan 1.0 ini adalah variabel penentu yang berbeda. A adalah menentukan bentuk atau jenis USB-nya, sementara 1.0 menentukan versi atau kecepatannya.
Untuk detail masing-masingnya seperti apa, mari langsung saja kita lihat sebagai berikut.

1. Beragam Bentuk USB

1.A. USB Type-A

USB A
USB A Mikro 3
Catatan: Untuk Standar-A sudah umum dipakai sehari-hari, baik seperti flashdisk atau kabel charger dan lain-lain. Sementara untuk Mini-A dan Mikro-A, sangat jarang dipakai.

1.B. USB Type-B

USB B
USB B Mikro 3
Catatan: Untuk Mini-B, Micro-B dan Micro-B 3.0 sudah umum dipakai sehari-hari, baik seperti hard disk external atau kabel charger dan lain-lain. Sementara untuk Standar-B, sangat jarang dipakai.

1.C. USB Type-C

USB C

1.D. Lightning (Khusus Produk Apple)

Lightning

1.E. Mini Display Port

MDP

2. Beragam Kecepatan USB

Versi Bandwidth Bentuk USB Umumnya
1.0 1,5 Mbps Type-A
1.1 12 Mbps Type-A
2.0 480 Mbps Standar-A atau Type-B
3.0 (3.1 Gen 1) 5 Gbps Standar-A dan Micro-B 3.0
3.1 Gen 2 10 Gbps Standar-A dan Type-C
Thunderbolt 1 10 Gbps Mini Display Port
Thunderbolt 2 20 Gbps Mini Display Port
Thubderbolt 3 40 Gbps Type-C

Nah itulah dia barusan pembahasan Jaka mengenai ragam USB. Bagaimana pendapat kamu terkait dengan hal ini, sudah lebih jelas? Tinggalkan pendapat kamu melalui kolom komentar ya, terima kasih.

Anda sopan kami Segan

Cantumkan Link Sumber,
Mari saling menghargai

Powered by Blogger.